visiter

Selasa, 08 November 2016

SMA N 3 boyolali (5R)

SMA N3 Boyolali adiwiyata mandiri

Sebelum memperoleh predikat adiwiyata mandiri, warga smagaboy telah melaksanakan kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan kriteria adiwiyata mandiri. Seperti konsep 5R, teknik pembuatan kompos, mengurangi penggunaan plastik dan sebagainya.

Kegiatan yang dilakukan warga sekolah tidak lah sia sia  karna pada akhirnya smagaboy menjadi salah satu sekolah adiwiyata mandiri di kota boyolali khususnya.

Mengenai konsep 5R di smagaboy adalah sebagai berikut beserta pengertia apa itu 5R :

5R merupakan singkatan dari  5 kata dalam bahasa inggris yaitu Recycle (mendaur ulang), Reduce (mengurangi), Reuse ( mengunakan kembali), Replant (menanam kembali), Replace (menganti). Berikut penjelasanya :

Recycle ( mendaur ulang)

mendaur ulang adalah kegiatan mengolah kembali atau mendaur ulang. Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk diolah lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dam mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos.

Reduce (mengurangi)

Reduce atau mengurangi adalah kegiatan mengurangi pengunaan atau pemakaian sampah, dengan kata lain pola perilaku yang dapat mengurangi produksi sampah serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contoh menggunakan alat alat makan atau dapur yang tahan lama dan berkualitas sehingga memperpanjang masa pakai produk atau mengisi ualng atau refillbproduk yang dipakai seperti deterjen, sabun, minyak goreng, aqua galon, tinta printer dan semacamnya.

Reuse ( mengunakan kembali)

Reuse atau mengunakan kembali adalah kegiatan mengunakan kembali suatu material atau bahan yang masih layak pakai. Contohnya kantong plastik atau kantong kertas yang umunya didapat dari hasil kita berbelanja, sebaiknya tidak dibuang tetapi digunakan atau dikumpulkan dan dipakai saat dibutuhkan. Di smagaboy sendiri siswanya diwajibkan membawa kantung plastik sendiri agar tidak menimbulkan sampah plastik yang berlebihan.

Replace (pengantian)

Replace atau pengantian adalah kegiata untuk menganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih efisien dan lebih ramah lingkungan seta dapat digunakan kembali. Upaya ini diharap dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contohnya mengubah mengunakan kantong palstik dengan membawa tas belanja permanen seperti kantong dari kain.

Replant ( penanaman kembali)

Replant atau penanaman kembali adalah kegiatan melakukan penanaman kembali seperti halnya reboisasi dan penghijauan. Seperti halnya pembuatan pupuk kompos dan berkebun di pekarangan rumah. Dengan menanam beberapa pohon, lingkungan kita akan menjadi lebi asri dan indah serta membantu pengaturan suhu pada lingkungan mikro seperti rumah kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Ads (Documentation Required)

Author Info (Documentation Required)