visiter

Selasa, 08 November 2016

SMA N 3 Boyolali peduli lingkungan

  Kita semua tahu bahwa SMA Negeri 3 Boyolali merupakan sekolah adiwiyata. Hal tersebut terbukti karena pada tahun 2016, SMA Negeri 3 Boyolali kembali meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri. Adiwiyata Mandiri adalah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada sekolah yang dinilai berbudaya lingkungan. Di SMA N 3 Boyolali siswa-siswi dan warga sekolah dididik menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam upaya pengelola lingkungan hidup.

Salah satu penerapan program Adiwiyata di SMA N 3 Boyolali yaitu budidaya tanaman secara Hidroponik. Hidroponik adalah budidaya mananam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tetapi teknik Hidroponik juga memiliki dampak negatif, antara lain tanaman yang dihasilkan mengandung bahan kimia. Selain itu perangkat dalam system hidroponik sulit diperoleh dan harganya tergolong cukup mahal. Namun teknik Hidroponik ini lebih menghemat lahan yang digunakan, itulah yang menjadi alasan pemanfaatan teknik Hidroponik di SMA N 3 Boyolali. Bukan hanya itu, Hidroponik ini tentunya juga menambah nilai keindahan lingkungan SMA N 3 Boyolali.

Wujud nyata peduli lingkungan oleh warga sekolah SMA N 3 Boyolali juga dapat terlihat dari kegiatan kerja bakti. Beberapa waktu lalu, siswa-siswi SMA N 3 Boyolali melakukan kegiatan bersih lingkungan di Taman Makam Pahlawan dan di lingkungan SMA N 3 Boyolali. Saat ini SMA N 3 Boyolali juga menanam tanaman lidah mertua, tanaman tersebut ditanam di samping area parkiran SMA N 3 Boyolali. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi polusi udara tak hanya itu, lidah mertua juga kaya akan produksi oksigen. Karena banyak siswa-siswi yang mengendarai sepeda motor ke sekolah. Sehingga polusi udara pun semakin bertambah. Dalam kegiatan ini, setiap murid kelas X diminta membawa satu tanaman lidah mertua untuk kemudian ditanam bersama.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Ads (Documentation Required)

Author Info (Documentation Required)